Minggu, 22 Januari 2012

Artikel Mesin Frais

  • Guna Dan Macam Mesin Frais 
Guna mesin frais itu bermacam-macam, di antaranya ialah untuk meratakan permukaan, membuat alur, membuat roda-roda gigi, membesarkan lubang, mengebor, merimer dll. Prinsip kerja mesin frais ialah, pisau atau alat-alat penyayatnya mempunyai gerak putar, sedangkan benda kerja terpasang pada meja dengan keadaan bergerak mendatar, tegak/berputar secara lamnbat.



Dalam bentuknya mesin frais di bagi dalam tiga golongan, yaitu mesin frais "lutut dan tiang" (knee and column), mesin frais industri dan mesin frais khusus. Yang termasuk mesin frais lutut dan tiang adalah mesin frais datar (Plain-Milling machine), mesin frais universal dan mesin frais tegak. Mesin-mesin ini merupakan mesin frais standartd.





Mesin frais datar adalah mesin frais yang letak sumbu utamanya mendatar. Mejanya terpasang di atas lutut dan dapat bergerak mendatar dan menyilang dan naik turun. Mesin ini banyak di pakai pada industri-industri kecil untuk reparasi atau memproduksi sesuatu dalam bentuk kecil, atau di pakai di sekolah-sekolah untuk pelajaran dasar cara-cara mengefrais.

1.1  Mesin Frais Universal
Bentuk konstruksi mesin frais universal tidak banyak berbeda dengan mesiin frais datar , perbedaannya terletak pada mejanya. Meja mesin ini dapat di geser ke kiri atau ke kanan hingga menyudut, di samping dapat bergerak mendatar dan tegak. Karenanya mesin ini dapat mengerjakan bermacam-macam pekerjaan dalam keadaan menyudut, misalnya membuat roda gigi spiral, rimer dll.


1.2  Mesin Frais Tegak
Mesin frais tegak kedudukan sumbu utamanya berdiri tegak. Paksi atau kepala mesin yang tegak ini dapat di putar ke kiri dan ke kanan serta dapat di gerakkan naik turun secara otomatis atau di putar dengan tangan. Mesin ini di gunakan untuk mengefrais permukaan luar atau permukaan dalam mengebor atau merimer,membuat alur tegak atau mendatar. Mejanya dapat bergerak mendatar, menyilang dan naik atau turun secara otomatis atau di putar dengan tangan. Di banding kan dengan mesin frais datar, mesin ini penggunaannya sangat terbatas.


1.3  Mesin Frais Industri
Mesin frais industri adalah mesin frais produksi yang umumnya berukuran besar. Gerakan mejanya tak daoat naik turun, kecuali pada arah mendatar, dalam hal ini paksi atau kepala mesin itu yang dapat di gerakkan naik turun. Pisau yang di gunakannya umumnya berkwalitas lebih tinggi dari pada pisau mesin frais biasa, yaitu dari baja kecepatan tinggi atau baja karbid.

1 komentar: