Sabtu, 28 Januari 2012

Memilih Roda Gerinda

Batu Gerinda.
Batu Gerinda yang di pakai dalam semua pekerjaan penggerindaan di buat dalam bermacam-macam kombinasi terdiridari ukuran butiran, struktur perekatan, tingkat kekerasan butir, dan kemampuan asah/mengikis.

 Semua informasi ini dapat kita ketahui dari beberapa katalog tentang batu Gerinda yang di keluarkan oleh setiap pabrik pembuat batu Gerinda.

 Ada dua jenis bahan (ABRASIVES) yang banyak di pakai untuk berbagai batu Gerinda yaitu Silicon Carbide dan Alumunium Oxide, kedua-duanya di buat dalam berbagai tingkatan atau butiran.

A. SILICON CARBIDE dan ALUMUNIUM OXIDE dan INTAN, ketiga-tiganya dibuat dalam berbagai tingkatan atau butiran.
B. Silicon Carbide digunakan untuk benda kerja yang keras, rapuh, baja tuang, material yang mudah dibentuk (DuctileMaterial) seperti Alumunium, kuningan, tembaga lunak, dll. Tanda khusus di tulis dengan huruf "C".
C. Alumunium Oxide/ Oksida Alumunium, Al2O3/ bahasa teknik Kourund/ Simbol "A". Dipakai untuk penggerindaan bahan yang kenyal seperti semua jenis Stell (kecuali stainless stell) besi kasar, besi lunak dan kuningan yang keras di kenal dengan tanda "A".
D. Intan (DIAMOND) di pakai untuk menggerinda mata Bor dan Baja keras dan dengan lambang "D".
E. Bentuk profil dari tiap jenis batu gerinda ada bermacam-macam, diantaranya di kenal dengan bentuk Mangkok (CUP) atau Piring (Saucer).

Dense structure dimana jarak butiran sangat dekat satu sama lain, kurang terdapat porositas kandungan udara untuk Britle Material dan Hard Material.

Bond (Perekat) Ada lima macam perekat yang di pakai diantaranya:
A. Vitrified (V), di pakai oleh lebih dari 75% batu Gerinda, V( Keramik atau tembikar ).
B. Resinoid (B), sangat tipis dan di gunakan kecepatan tinggi B ( Bakelit atau plastik ).
C. Ruber (R), untuk gerinda dengan kecepatan tinggi R ( Karet ).
D. Shellac (E), di gunakan untuk Alumunium piston, Roll baja, hard stell E ( Embalau ).
E. Silicate (S), untuk penggerindaan presisi alat potong S ( Silikat ).
























 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar